Beranda | Artikel
Menjelang Datangnya MEA
Kamis, 1 Januari 2015

Menjelang datangnya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang akan mulai berlaku pada tanggal 31 Desember 2015, KPMI melalui Klub Bisnis Export Learning Club (KPMI ELC) ingin mendorong para member KPMI untuk membuka wawasan mengenai bisnis ekspor. Sangat disayangkan sekiranya kita tidak menyiapkan diri mengambil peluang ini.

Dalam MEA, pasar untuk produk kita tidak lagi sebatas 240 juta penduduk Indonesia, tetapi 615 juta penduduk di 10 negara ASEAN. Negara-negara tetangga kita telah sejak beberapa tahun yang lalu menyiapkan dan membekali para UMKM nya dengan berbagai pengetahuan dan ketrampilan meraih pasar sebesar 615 juta orang. Bagi kita para pengusaha Muslim di Indonesia, tidak ada kata terlambat, masih ada waktu siapkan diri kita untuk meraih kesempatan, sebelum kesempatan tersebut diraih pihak lain.

MEA secara ringkas berisi lima hal, yaitu diberlakukannya arus bebas antar sesama negara di ASEAN, meliputi :

  1. Arus bebas Modal
  2. Arus bebas Investasi
  3. Arus bebas Barang
  4. Arus bebas Jasa
  5. Arus bebas Tenaga Kerja Trampil.

Untuk kelima hal tersebut, kita punya kesempatan yang sama. Apakah kita akan menyerbu negara Asean lain dengan Modal, Investasi, Barang, Jasa dan Tenaga Kerja Trampil, atau sebaliknya justru kita yang akan diserbu. Semuanya terpulang kepada kita sebagai pelaku usaha. Apakah kita hanya ingin menjadi penonton, atau menjadi sasaran yang diserbu, atau justru menjadi eksportir yang menyerbu pasar di negara ASEAN lainnya. Perluas wawasan pasar kita menjadi 615 juta orang penduduk Asean, siapkan diri kita dengan skill berbisnis antar negara.

Tahukah anda, bahwa Rasulullah salallahu alaihi wassalam adalah pelaku bisnis antar negara. Kemampuannya diasah sejak berumur 11 tahun ketika pertama kalinya diajak Paman beliau Abu Thalib mengikuti misi dagang ke negeri Syam (sekarang Suriah) sejauh 2.000 an km dari Mekkah. Pada usia 25 tahun, beliau sudah menjadi seorang pengusaha antar negara (ekspor/ impor) yang sukses dan disegani. 

Ayo belajar ekspor…

KPMI Export Learning Club (https://www.facebook.com/groups/exportlearningclub/)

Barokallahufiikum..

Nursyamsu Mahyuddin (Ketua Umum KPMI)


Artikel asli: https://pengusahamuslim.com/4393-menjelang-datangnya-mea.html